Proposal Bisnis

Nama Perusahaan        : FLA Enterprises
Alamat                        : Jl. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Telepon                       : 021 1111xxxx

Ringkasan Eksekutif

Saat ini teknologi di dunia semakin canggih, begitu juga dengan orang-orang nya yang semakin kekinian, akan tetapi kebanyak dari produk-produk yang di jua harganya masih untuk kelas menengah atas, maka dari itu kami mengambil keputusan untuk mengambil kesempatan ini agar semua orang bisa menikmati teknologi masa kini yang kami buat, yang mana target kami untuk kedepannya yaitu bisa memproduksi tiga produk kami yaitu catu daya, parkir sensor, dan mobil remote control, dan juga memasarkannya ke setiap orang.

Tujuan

Adapun tujuan utama toko terbagi menjadi dua yaitu : tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Untuk tujuan jangka pendek, tujuan yang ingin dicapai perusahaan adalah sebagi berikut :
1.      Memberikan kepuasan kepada konsumen, dengan memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.
2.      Mendistribusikan produknya secara seimbang pada setiap wilayah pemasaran secara tepat waktu agar kesediaan produk dapat selalu terjaga
Sedangkan untuk tujuan jangka panjang, yang ingin dicapai perusahaan adalah sebagai berikut :
1.      Mempertahankan konsumen yang telah ada dan mencari konsumen baru agar dapat mencapai tujuan akhir pemasaran yaitu memperoleh daya saing yang tinggi.
2.      Memperoleh Laba maksimum sehingga kontinuitas toko dapat terjaga

Misi dan Visi Perusahaan

Visi :
Ikut mencerdaskan bangsa dengan IPTEK
Menjadi toko elektronika yang tangguh dan menjadi pilihan utama para pelanggan
Misi :
n  Beorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar.
n  Membuat produk yang berkulitas yang dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen
n  Berusaha menumbuhkan generasi yang memahami dan mendalamiIPTEK
n  Membantu memajukan kecerdasan rakyat alam bidang IPTEK
n  Terus berinovasi guna menjadikan produk dalam negeri sebagai primadona di negeri sendiri

Sekilas Perusahaan

FLA Enterprises adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan alat elektronika sederhana.
Perusahaan ini berdiri pada 10 January 2017. Berlokasi di jalan Mampang Prapatan Jakarta Selatan.

Kepemilikan Perusahaan

FLA Enterprises adalah perusahaan perusahaan milik pribadi sang pendiri, yaitu M. Farhan Latanta.

Sejarah Singkat Perusahaan

FLA Enterprises adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan alat elektronika sederhana.  Nama FLA Enterprises sendiri di ambil dari nama panggilan pendiri perusahaan ini yang mana nama aslinya adalah M. Farhan Latanta atau FLatanta, seorang mahasiswa lulusan  sarjana teknik elektro tahun 2018 universitas gunadarma.
FLA Enterprises adalah perusahaan yang berdiri sejak 10 January 2017 dimana sang pendiri mendapat ide untuk membangun perusahaan ini adalah inspirasi dari mata kuliah ekonomi teknik semasa kuliah di universitas gunadarma.
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
FLA Enterprises berada di jalan Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Dan perusahaan ini di isi banyak fasilitas yang memadai seperti kolam renang, tempat santai, dan masih banyak fasilitas di dalam perusahaa ini.

Produk
FLA Enterpises mempunya 3 produk yang akan di produksi yaitu :
1.      Catu daya
Catu Daya atau sering disebut dengan Power Supply adalah sebuah piranti yang berguna sebagai sumber listrik untuk piranti lain. Pada dasarnya Catu Daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa Catu Daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain. keluaran dari catu daya ini bervariasi mulai dari -5, +5 volt, _12, +12 volt dan juga variable dari 1 volt sampai 25 volt.
2.      Sensor parkir
Sensor parkir atau disebut juga sensor mundur adalah perangkat elektronik yang dipasang pada bagian belakang kendaraan yang mendeteksi bagian belakang kendaraan sehingga dapat menhentikan kendaraan sebelum menyentuh/menabrak bagian yang tidak terlihat dari cabin kendaraan. Sensor ini merupakan perlengkapan standar mobil mewah, namun sekarang banyak dijual perlengkapan sensor ini untuk dipasang pada kendaraan yang belum memiiki sensor parkir. Sensor ditempatkan pada bagian belakang kendaraan, biasanya di bumper belakang.
Produk ini juga dapat di pakai untuk parkir otomatis atau juga bisa di pakai untuk pintu otomatis.
3.      Mobil remote control
Mobil remote control adalah sebuah mobil yang bisa di kendalikan semau kita, dimana dalam hal ini produk kita berbeda dengan produk elektronik yang lain Karena remote yang di pakai untuk mengendalikan mobil ini bisa memakai handpohe.
Mobil Remote Control dengan Arduino & Bluetooth RC kendali Via Android adalah sebuah robot yang dapat mengikuti perintah layaknya mobil remote control yang biasa, bedanya robot ini memakai bluetooth sebagai sarana komunikasi dengan android . Aplikasi yang dipakai adalah Arduino Bluetooth RC Car yang dapat diunduh secara gratis pada playstore. Modul bluetooth pada RC ini menggunakan HC-05,  driver motornyah L298N, dan Arduino Uno sebagai kontroller utama.
Bluetooth HC-05 adalah sebuah perangkat komunikasi wireless yang berbasiskan sinyal bluetooth. Standar nama bluetooth adalah HC-05 sedangkan password standar yang digunakan adalah 1234.Bluetooth ini akan kita gunakan sebagai Slave atau penerima, sedangkan Master(pengirim) akan menggunakan Smartphone Android. Bluetooth HC-05 menggunakan komunikasi serial, untuk mengakses Bluetooth pada tutorial ini kita akan menggunakan library  SoftwareSerial

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk
Produk kami adalah produk yang berbeda dalam bentuk penyajian dan karakteristiknya. Karena di buat dengan menggunakan komponen-komponen yang sederhana yang tentunya menjadikan harga jual produk kami jadi lebih murah di banding produk yang lain. Dan walaupun terbuat dari komponen sederhana tetapi soal kualitas produk kami mampu bersaing dengan produk-produk perusahaan lain. Dan untuk memproduksi produk,kami memakai cara manual tidak dengan menggunakan mesin, hal ini kami lakukan Karena kami ingin membuat produk dari kreativitas kami sendiri dan sehingga jika konsumen bisa memesan produk kami sesuai kreasi mereka.
Analisis Pasar
Lokasi kami merupakan tempat yang strategis Karena di lalui oleh banyak orang terutama mahsiswa, yang jadi target kami adalah orang-orang yang biasa lewat di sekitar area kami dan juga mahasiswa/i.
Mengenai produk yang kami buat mungkin sudah banyak produk- produk yang di jual di pasaran akan tetapi kami tidak ragu untuk menjual produk kami, Karena kami yakin bahwa produk kami bakal menjadi produk yang lebih bagus dari produk-produk yang sudah pernah ada sebelumnya, dan disini kami membuat produk kami dengan konsep yang berbeda yaitu konsumen bisa memilih designnya sendiri.
Analisis Industri
Saat ini tentunya banyak sekali perusahaan-perusahaan pembuat alat elektronik yang mungking lebih terkenal dan lebih terjamin produknya, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan
Peramalan Pasar
Saat ini dari tahun ke tahun teknologi semakin canggih maka dari itu kami yakin bahwa tujuan jangka pendek kami akan cepat tercapai tentunya dengan kerja keras kita, Karena akan banyak orang yang mencari produk-produk modern yang seperti kita buat.
Setelah tercapai tujuan jangka pendek kami akan melanjutkan hingga tujuan jangka panjang tercapai dan bukan itu saja kami juga akan memproduksi lebih banyak alat elektronika supaya bisa memnuhi kebutuhan pasar
Strategi Pemasaran
Dalam melakukan pemasaran kami memiliki banyak strategi diantaranya yaitu :
1.      Strategi ppemasaran dari mulut ke-mulut
strategi ini adalah strategi yang paling mudah dan konsumen juga dapat lebih percaya dengan produk kami Karena kemungkinan besar konsumen mendengarnya dari orang dekat mereka dan itu akan lebih di percaya.
2.      Strategi pemasaran dengan media social
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
3.      Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperbanyak toko elektronik kami ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4.      Dengan memberikan promo dan diskon
Pemberian promo dilakukan untuk menarik konsumen di awal pemasaran dan untuk pemberian diskon dilakukan untuk pelanggan setia.
Organisasi
Perusahaan ini didirikan oleh satu orang yang tentunya akan menjadi pimpinan perusahaan, sedangkan untuk operasional kami sudah membagi dalam beberpa separtemen yang mana akan diisi oleh para pekerja yang akan kami rekrut.
Berikut daftar departemen:

Departemen Produksi
·          Kepala Produksi
Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas
·         Perakit produk
·         Programmer
·         Penguji produk
·         Desainer produk

Departemen Keuangan dan Manajemen
·         n  Kepala keuangan dan manajemen
Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional
·         Akuntan
·         Administrasi

Departemen Operasional dan Pemeliharan
·         Kepala operasional dan pemeliharaan
Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja.
·         Teknisi
·         OB

Departemen Pemasaran
·         Kepala pemasaran
Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.
·         Humas
·         Sales

Departemen pengembang
·         Kepala pengembang
Bertanggung jawab dalam mengembangkan produk
·         Peneliti
·         Creator pengembangan

Struktur Organisasi

screenshot_1

Estimasi Biaya
Biaya Investasi
Perlengkapan kantor
·         5 buah meja kerja beserata kursinya
·         1 buah meja cabinet
·         1 set meja administrasi
·         1 set kursi tamu
·         ispenser
·         2 buah AC

Perangkat Keras
·         3 buah komputer intel core i7
·         5 buah komputer P4
·         Sebuah Scanner
·         Sebuah Printer
·         Sebuah fotocopier
·         Seperangkat alat produksi elektronik
·         Seperangkat komponen alat

Perangkat Lunak
·         OS Windows 7 original
·         MS office 353 original
·         Proteus 7.0
·         Eagel
·         Corel Draw 7 original
·         Photo shop 7 original

Total biaya investasi = xxxx
Biaya Operasional
·         Listrik selama setahun
·         Telepon selama setahun
·         Perlengkapan kantor setahun
·         Internet selama setahun
·         Kemasan 3000 buah

Biaya pembuatan produk
1.      catu daya
No
Nama komponen
Jumlah
Harga komponen
Jumlah total
1
Kabel timah
2
Rp.1.500,00 /m
Rp.3.000,00
2
Papan PCB polos ( 10cm x 20 cm )
1
Rp.5.000,00
Rp.5.000,00
3
Trafo ct
1
Rp.145.000,00
Rp.145.000,00
4
Diode bridge 3 buah
3
Rp.5.000,00
Rp.15.000,00
5
Resistor 0,1 ohm 3 buah
3
Rp.200,00
Rp.600,00
6
Resistor 100 ohm 3 buah
3
Rp.100,00
Rp.300,00
7
Resistor 270 ohm 4 buah
4
Rp.300,00
Rp.1.200,00
8
Resistor 560 ohm
2
Rp.100,00
Rp.200,00
9
Potensio 5K ohm 2 buah
2
Rp.4.000,00
Rp.8.000,00
10
Capasitor 4700 mikrofarad 6 buah
6
Rp.5.500,00
Rp.33.000,00
11
LED merah 4 buah
4
Rp.900,00
Rp.3.600,00
12
Fuse 7 buah
7
Rp.500,00
Rp.3.500,00
13
IC Regulator 7805,7905
2
Rp.2.500,00
Rp.5.000,00
14
IC Regulator 7812,7912
2
Rp.2.500,00
Rp.5.000,00
15
IC Regulator 317
1
Rp.2.100,00
Rp.2.100,00
16
IC Regulator 337
1
Rp.2.100,00
Rp.2.100,00
17
Transistor 2995 3 buah
3
Rp.10.000,00
Rp.30.000,00
18
Saklar
1
Rp.3000,00
Rp.3.000,00
19
Axrilix
0.5
Rp.130.000,00/m2
Rp.65.000,00
20
Mur dan Baud
12
Rp.500,00
Rp.6.000,00
Jumlah total biaya
Rp.336.600,00

2.      parkir sensor
No
Nama komponen
Jumlah
Harga komponen
Jumlah Total
1
IC AT89C51
1
Rp.11.000,00
Rp.11.000,00
2
IC LM324
2
Rp.3.000,00
Rp.6.000,00
3
IC L239D
1
Rp.18.000,00
Rp.18.000,00
4
Xtal 12 MHz
1
Rp.2.000,00
Rp.2.000,00
5
Capsitor non polar 33 pF
1
Rp.500,00
Rp.500,00
6
Fototransistor
4
Rp.2.000,00
Rp.8.000,00
7
Kabel pelangi
1
Rp.10.000,00
Rp.10.000,00
8
Infrared
4
Rp.2.500,00
Rp.10.000,00
9
Resistor 330 ohm
4
Rp.200,00
Rp.800,00
10
Trimpot 50K
1
Rp.500,00
Rp.500,00
11
Resistor 1K ohm
1
Rp.100,00
Rp.100,00
12
Tulang ikan dan black housing
1
Rp.2.600
Rp.2.600
13
Motor DC 12V
2
Rp.25.000,00
Rp.50.000,00
Jumlah harga komponen
Rp.119.500,00
3.      mobil remote control
No
Nama Komponen
Jumlah
Harga Satuan
Harga Total
1
Arduino Uno
1
Rp. 75.000,00
Rp. 75.000,00
2
HC-05 Bluetooth
1
Rp. 60.000,00
Rp. 60.000,00
3
L298N Driver Motor
1
Rp. 60.000,00
Rp. 60.000,00
4
Sasis Kit 2WD
1
Rp. 160.000,00
Rp. 160.000,00
5
Spacer 3cm
2
Rp. 2.000,00
Rp. 4.000,00
6
Kabel Jumper Male-Female pc
1
Rp. 35.000,00
Rp. 35.000,00
7
Mur baut 3mm
10
Rp. 500,00
Rp. 5.000,00
8
Jack DC Male
1
Rp. 2000,00
Rp. 2.000,00
9
Battery clips
1
Rp. 3000,00
Rp. 3.000,00
10
Battery alkalin sedang
2
Rp. 11.000,00
Rp. 22.000,00
11
Saklar
1
Rp. 3.000,00
Rp. 3.000,00
12
Motor DC Gearbox Kuning 6V 200 Rpm
2
Rp. 25.000,00
Rp. 50.000,00
Jumlah
Rp.479.000,00

Total biaya Operasional = xxx

Total Biaya keseluruhan = total biaya investasi + total biaya operasional

Total Biaya = Biaya Investasi + Biaya Operasional
Rp. Xxx  + Rp. Xxx  = Rp. Xxxx

Pendapatan
3 produk setahun, harga penjualan x 3 x target penjualan = xxxx pertahun
Keuntungan
Keuntungan = Pendapatan – Total Biaya
Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C = Pendapatan : Total Biaya
Rp. xxx : Rp. xxx = xxx
R/C sebesar xxx menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 1 yang dikeluarkan akan menghasilkan RP. xxx
Break Event Point (BEP)
BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. xxx : Rp xxx = xxxx kepin
BEP Harga = Total Biaya : Total Produksi
Rp. xxx : xxx keping = Rp. xxx/keping
Angkat tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak xxxx keping/tahun dan tingkat harga jual Rp. xxx/kepin

Komentar

Postingan Populer